Rabu, 21 November 2012

keterangan APJII, internet,ID CERT dan ID NIC

  APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) 

merupakan asosiasi yang bertujuan untuk mengatur tarif jasa internet yang ada di Indonesia  . APJII ini berdiri pada tanggal 15 mei 1996  tugasnya membantu menyediakan jasa internet yang berkualitas bagi masyarakat indonesia selain itu APJII bertugas untuk memasyarakatkan internet dalam menunjang pengembangan sumber daya manusia di Indonesia dan membantu pemerintah dalam usahanya untuk memerataan ekonomi di tanah air melalui akses informasi dan komunikasi .
Jadi APJII merupakan lembaga yang berhubungan dengan segala aspek internet , dengan adanya APJII masyarakat Indonesia menjadi semakin lebih mudah dalam mengakses informasi . Adapun daftar struktur pada APJII  adalah sebagai berikut :
1.  Musyawarah Nasional/ Musyawarah Nasioanal Luar Biasa.
2.  Dewan pelindung/Pembina
3.  Dewan Pengurus
     a) Anggota Dewan Ketua
     b) Sekretaris Jenderal
     c) Bendahara
4.  Badan Pelaksana Harian

 

perkembangan internet


Perkembangan Internet dari dahulu sampai saat ini di Indonesia maupun dimancanegara,  diterima atau tidak diterima oleh kebanyakan masyarakat dari era reformasi pada tahun 1998 sampai sekarang. Sangatlah pesat perkembangannya, dari dunia telekomunikasi , informatika dan internet. Banyak sekali memanfaatkan regenerasi yang sudah berkembang, kini seiring perkembangan jaman terbukanya pintu perdagangan dan arus informasi sudah dapat dinikmati. Tidak seperti jaman dahulu yang bisa mengakses atau menggunakan internet hanya untuk orang-orang berduit atau dikalangan elit.
 
Masalah dengan UU ITE
mungkin dari beberapa konten yang ada, yang dari email, informasi dan dagangan yang tersedia di situs internet. Semua itu sudah memiliki UU berbadan hukum, tidak sembarang orang atau sembarangan pihak  member informasi atau menjual dagangannya tidak sesuai dengan peraturan UU itenya. Jadi semua itu sudah tersaring dan sudah dilih dan dipilah, jika ketahuan dapat diberi ganjaran atau dihukum dengan UU ITE yang berlaku.

ID CERT
ID CERT yang saya ketahui yaitu sebuah organisasi yang melakukan advokasi dan koordinasian penanganan inside keamanan di Indonesia. Yang dimana para pengguna harus memiliki lisensi asli yang kita punya.

ID NIC
Dengan perkembangan jaman, jaringan internet yang cukup pesat. Kebutuhan untuk mengorganisir informasi jaringan secara baik, dan berkesinambungan yang diperlukan. Karena perkembangan internet yang cukup beragam disetiap Negara. ID NIC Indonesia Network Information Center adalah sebuah dukungan yang sangat inisiatif didukung sepenuhnya oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dengan tujuan pengelolaan informasi jaringan nasional yang mandiri dan berkelanjutan.  ID NIC akan mengembangkan fungsi dan peranannya dalam penyediaan informasi jaringan di Indonesia, sesuai dengan kebutuhan di dalam negeri maupun untuk kepentingan masyarakat Indonesia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More