Rabu, 09 Maret 2011

Detasemen Anti Anarki Sudah Lama Ada

VIVAnews - Markas Besar Polri menegaskan bahwa Detasemen Anti Anarki bukanlah satu satuan baru di organisasi Polri. Sebelumnya detasemen itu sudah. Dia melekat di bawah Satuan Brigadir Mobil (Brimob).

Hanya sekarang, "Fungsinya dioptimalkan kembali," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Ito Sumardi, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 3 Maret 2011. Dalam struktur organisasi, Brimob berada di bawah kewenangan setiap Kepolisian Daerah (Polda). Jadi bila terjadi tindakan anarki di satu provinsi, maka Detasemen Anti Anarki akan dikendalikan langsung oleh Polda di wilayah itu. Dan hal itu, kata Ito, sudah sesuai dengan Protap Kapolri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penanggulangan Anarki. Namun Ito memastikan bahwa dalam menanggulangi kasus-kasus anarki, Polri tetap mengedepankan perlindungan dan pelayanan masyarakat. Terutama, perlindungan terhadap fasilitas sosial dan keamanan masyarakat. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi dugaan pelanggaran HAM. "Tapi upaya terakhir yang dilakukan terhadap pelaku tindakan anarki adalah mengunakan Detasemen Anti Anarki," kata mantan Kapolda Riau ini. Jika sudah ada unit anti anarki ini, mengapa selama ini tidak terlihat. Mengapa dalam kasus penyerbuan jemaah Ahmadiyah di Cikeusik satuan itu tidak ada. "Bukan tidak digunakan, tapi belum dioptimalkan," ujar Ito.

Laporan: Nila Chrisna Yulika PK

http://id.berita.yahoo.com/detasemen-anti-anarki-sudah-lama-ada-20110302-224941-556.html;_ylt=AoqeuehJSc.hIojyzGYF43F8V8d_;_ylu=X3oDMTNvZWZ0aWM5BGNjb2RlA3ZzaGFyZWFnMgRwa2cDOWU1MWZkZTktNzg3MC0zNTQ1LWI4NjUtMzhjODg0ZjcxN2Y0BHBvcwMyBHNlYwNtb3N0X3BvcHVsYXIEdmVyAzk3ODRiMzUwLTQ1NjMtMTFlMC1hZmJmLWZiNzk0M2E3MWZlOA--;_ylg=X3oDMTFjM2d1bDFjBGludGwDaWQEbGFuZwNpZC1pZARwc3RhaWQDBHB0A3NlY3Rpb25zBHRlc3QD;_ylv=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More