Senin, 31 Mei 2010

tulisan bergerak

Tulisan bergrak biasanya banyak digunakan pada header sebuah blog, layout presentasi, website flash dan lain-lain.

Mungkin diantara Anda sudah pernah melihatnya, namun yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana sih cara membuat tulisan bergerak dengan menggunakan software flash??. Ok, jika Anda belum tahu cara membuatnya, pada tutorial flash kali ini saya akan coba membongkar rahasianya :D

Yuk langsung saja kita mulai belajar flashnya.

Langkah pertama silakan Anda buka/jalankan software flash Anda, kemudian buat sebuah tulisan dengan menggunakan Text Tool. Sebagai contoh pada tutorial ini saya buat tulisan "Selamat Datang" (lihat gambar).

Langkah selanjutnya, setelah Anda membuat tulisan tadi. Kemudian pada Layer, buat sebuah frame pada frame ke 100, kemudian tekan F5 pada keyboard atau klik kanan pada mouse > Insert Frame.

Nah, setelah Anda membuat frame, kemudian anda geser slide yang berwarna merah ke frame 1 (lihat gambar). Kemudian tulisan "Selamat Datang" yang sudah dibuat tadi, Anda geser ke atas dengan cara menekan tanda panah pada keyboard. (lihat gambar).


Sudah?. Kalau sudah, sekarang klik kanan lagi pada frame tadi kemudian pilih Create Motion Tween. (lihat gambar). Dimana tujuan dari Motion Tween ini adalah untuk memperhalus gerakan tulisan "Selamat Datang" tadi.


Nah ini yang paling penting. Sebelumnya posisikan dulu slide yang berwarna merah tadi pada posisi frame 1. Kemudian geser pada frame 15 kemudian tekan F6 pada keyboard lalu geser juga tulisan "Selamat Dtang" ke arah bawah. Geser lagi slide yang berwarna merah tadi ke frame 35 kemudian tekan F6, lalu geser lagi tulisan "Selamat Datang" ke atas, tapi jangan terlalu atas, secukupnya saja. Terakhir, geser lagi slide berwarna merah ke frame 55 kemudian tekan F6. geser lagi juga tulisan "Selamat Datang" ke arah bawah, pada posisi seperti pada frame 15.

Kemudian supaya animasi tulisan "Selamat Datang" tadi temponya lebih cepat, isikan angka 30 pada kotak Frame rate.

http://www.taktiku.com/2009/03/membuat-tulisan-bergerak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More